Wild Dancing Thanksgivng Turkey

Pages

Volume Pernapasan

Senin, 12 Februari 2018

VOLUME PERNAPASAN


Volume Udara Pernapasan pada Manusia – Pada waktu inspirasi dan ekspirasi ada kurang lebih 500 ml udara yang dipernapaskan yang disebut udara pernapasan atu udara tidal. Diantara 500 ml udara pernapasan yang dapat mencapai dinding gelembung alveoli kurang lebih 350 ml, sedangkan yang 150 ml berada didalam saluran pernapasan.
Selain udara pernapasan kita masih mampu menghirup udara kurang lebih 1500 ml yang disebut udara komplementer. Setelah menghembuskan udara pernapasan 500 ml, didalam paru-paru masih mampu menyimpan udara lebih kurang 2500 ml yang terdiri atas 1500 ml udara suplemen (cadangan) yang masih dapat dihembuskan dan 1000 ml udara residu (sisa) yang sudah tidak dapat dihembuskan.Spirometry


Volume dan Kapasitas Paru-paru

Volume udara pernapasan pada setiap orang berbeda-beda, bergantung pada ukuran paru-paru, kekuatan bernapas, dan cara bernapas. Pada orang dewasa, volume paru-paru berkisar antara 5-6 liter, yang terdiri dari:

Volume Tidal (VT)

Volume tidal adalah volume udara hasil inspirasi atau ekspirasi setiap kali bernapas normal. Volume tidal kira-kira sebanyak ± 500 ml pada orang dewasa.

Volume cadangan inspirasi (VCI) atau volume komplementer

Volume cadangan inspirasi adalah volume udara ekstra yang dapat diinspirasi setelah volume tidal, biasanya mencapai ± 3000 ml.

Volume cadangan ekspirasi (VCE) atau volume suplementer

Volume cadangan ekspirasi adalah jumlah udara yang masih dapat dikeluarkan dengan ekspirasi kuat pada akhir ekspirasi normal, pada keadaan normal sebanyak kira-kira ± 1200 ml.

Volume residu (VR)

Volume residu adalah volume udara yang masih tetap berada dalam paru-paru setelah ekspirasi kuat, kira-kira sebanyak ± 1200 ml.

Kapasitas vital (KV)

Kapasitas vital adalah volume udara yang dapat dikeluarkan semaksimal mungkin setelah melakukan inspirasi semaksimal mungkin juga, yang besarnya lebih kurang 3.500 cc (cm3) atau 3.500 mL. Jadi : kapasitas vital adalah jumlah dari volume tidal + volume cadangan inspirasi + volume cadangan ekspirasi.

Volume total paru-paru (VTP)

Volume total paru-paru adalah volume udara yang dapat ditampung paru-paru semaksimal mungkin, yang besarnya lebih kurang 4.500 cc (cm3) atau 4.500 mL. Jadi : volume total paru-paru adalah jumlah dari volume sisa + kapasitas vital.

SUMBER: http://budisma.net/2015/02/volume-udara-pernapasan-pada-manusia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS