Wild Dancing Thanksgivng Turkey

Pages

Gangguan pada Sistem Ekskresi Manusia dan Upaya untuk Mencegah atau Menanggulanginya

Senin, 19 Februari 2018

DIABETES INSIPIDUS

Pengertian Diabetes Insipidus
Diabetes Insipidus
Diabetes insipidus adalah suatu penyakit yang erat kaitannya dengan produksi suatu hormon di dalam tubuh. Hormon yang berhubungan dengan penyakit ini adalah antidiuretic hormone. Menurunnya kadar hormon ini yang diproduksi oleh tubuh manusia dapat menyebabkan resiko terkena diabetes insipidus meningkat.
Perlu juga untuk Anda ketahui bahwa penyakit diabetes insipidus ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan kadar gula darah. Banyak sumber yang mengatakan bahwa kesalahan dalam mengkonsumsi gula akan meningkatkan kadar glukosa sehingga terjadi penumpukan dan menyebabkan terserang penyakit diabetes insipidus. Sumber tersebut salah. Hal tersebut dikarenakan salahnya informasi mengenai diabetes insipidus. Mungkin penyakit yang dimaksud oleh orang tersebut adalah diabetes melitus bukan diabetes insipidus. Kedua jenis penyakit ini jelas sangat berbeda.
Menurunnya kadar hormon yang diproduksi tubuh dapat mengakibatkan seseorang merasa haus dengan berlebihan. Bahkan saat mereka sudah mengkonsumsi air dengan jumlah berlebih juga mereka tetap merasa kehausan. Anehnya lagi, mereka juga sama sekali tidak mengkonsumsi penyedap rasa yang diketahui memang menyebabkan rasa haus yang berlebih pada orang yang mengkonsumsinya.
Hal ini sangat berakibat buruk pada kondisi tubuh manusia. Memang, tubuh membutuhkan air putih untuk membantu kinerja ginjal dan sistem metabolisme. Akan tetapi, ketika seseorang berlebihan dalam minum air putih, maka dapat mengakibatkan seseorang kekurangan asupan juga karena sari-sari makanan yang ikut terbawa bersama urin. Apalagi pada orang yang memiliki penyakit pada ginjalnya.

Gejala

1. Pertumbuhan Lambat
Pertumbuhan yag lambat menjadi salah satu gejala yang diberikan oleh seorang anak yang terkena penyakit diabetes insipidus. Sebenarnya pertumbuhan anak yang lambat ini juga dapat menjadi sinyal bagi Anda bahwa kondisi kesehatan anak Anda sedang teerganggu atau memang disebabkan oleh DNA yang Anda turunkan. Akan tetapi, apabila terlihat pertumbuhan tersebut terkesan tidak masuk akan, Anda dapat mencurigai bahwa anak Anda terkena penyakit diabetes insipidus.
2. Sering Ngompol
Ngompol biasanya dilakukan oleh anak-anak dimana umumnya mereka tidak menyadari bahwa mereka sedang melakukannya. Ada juga seseorang yang ngompol dimana dia bukan lagi terbilang anak-anak namun ngompol. Hal ini biasanya terjadi pada seseorang yang sudah lanjut usia sehingga memang sudah wajar mereka menggunakan popok untuk antisipasi. Akan tetapi, apabila anak Anda ngompol terlalu sering dengan kadar urin yang terlampau banyak pula, Anda patut mencurigai bahwa anak Anda dan orang tua Anda sedang terkena penyakit diabetes insipidus.
3. Terasa Dingin pada Kaki dan Tangan
Biasanya, orang yang kaki dan tangannya terlalu dingin, dapat digunakan sebagai sinyal bahwa tubuh seseorang tersebut sedang bermasalah. Salah satu permasalahan yang mungkin terjadi adalah diabetes insipidus. Oleh karena itu, segeralah menemui dokter untuk berkonsultasi.
4. Menurunnya Berat Badan dengan Drastis
Penurunan  berat badan secara drastis juga dapat menjadi gejala seseorang terkena diabetes insipidus. Orang yang terkena penyakit ini, tubuhnya akan mengalami penurunan kemampuan untuk memakai glukosa secara efektif. Ketika dia merasa lapar dan tidak mengkonsumsi makanan, maka tubuhnya akan memecah lemak melalui proses pembakaran. Hal inilah yang kemudian mengakibatkan tubuhnya mengalami penurunan berat badan dengan drastis.
Baca juga:
5. Rewel pada Anak
Rewel merupakan salah satu cara anak untuk mengeksprsikan rasa ketidaknyamanannya terhadap sesuatu. Bisa jadi,karena diabetes insipidus. Apalagi jika anak Anda rewel bukan karena tidak diberi mainan, tidak makan, atau alasan logis lainnya. Oleh karena itu, segeralah ke dokter.

Penyebab

Dalam setiap tubuh manusia, pasti sudah ada organ atau hormon tertentu yang bertugas untuk mengatur sesuatu, baik itu suhu tubuh maupun cairan. Suhu tubuh erat kaitannya dengan ginjal. Perlu untuk Anda ketahui bahwa cairan juga dipengaruhi oleh suatu hormon yang bernama hormon antidiuretik. Hormon ini bertugas untuk menstabilkan kadar cairan dalam tubuh sehingga cairan dalam tubuh diproduksi dalam jumlah yang tepat.

SUMBER: https://ahliginjal.com/diabetes-insipidus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS